Minggu, 08 Januari 2023

TPNPB Klaim Bakar Pasar Baru Sentani di Kabupaten Jayapura


 Juru bicara atau Jubir Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM), Seby Sambom, mengklaim pihaknya telah membakar Pasar Baru Sentani di Kabupaten Jayapura, pada Jumat (6/1/2023).

“Pasukan khusus TPNPB Markas Pusat telah membakar Pasar Baru Sentani pada 6 Januari 2023. Kami membakar sesuai dengan perintah TPNPB pada 1 Desember 2021 bahwa akan melakukan revolusi total dan mengusir semua imigran Indonesia yang ada di Tanah Papua,” kata Sambom, meneruskan pesan Anggota Khusus TPNPB, Dorompet Jelemaken, yang telah membakar Pasar Baru Sentani.

Sambom membeberkan alasan pembakaran Pasar Baru Sentani. Menurutnya, TPNPB memandang bahwa ekonomi merupakan akar persoalan dalam mempertahankan kedudukan secara ilegal Indonesia di Tanah Papua, karena itu TPNPB membakar pasar tersebut.

“Aksi pembakaran pasar ini murni dilakukan oleh TPNPB Markas Pusat di bawah Pimpinan Gen Goliath Naaman Tabuni dan Komandan Operasi Mayjen Lekagak Telenggen, [kami] siap bertanggung jawab,” katanya.

Lanjut Sambom, anggota khusus TPNPB Dorompet Jelemaken mengatakan bahwa sesuai Sidang Darurat Militer Umum TPNPB di Markas Kodap XV Ngalum Kupel pada 29 November-1 Desember 2022, diinstruksikan bahwa para pendatang harus segera meninggalkan atau pergi dari Tanah Papua pada 2023.

“Pasukan [TPNPB] bakar pasar tersebut untuk mengusir orang imigran ilegal Indonesia,” katanya.

Sambom mengatakan, selain Dorompet Jelemaken, turut bersamanya ada lima orang yang melakukan pembakaran pasar.

“Pembakaran pasar merupakan perjuangan untuk usir penjajah ilegal Indonesia di atas Tanah Papua,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar