Senin, 16 Januari 2023

Pj Bupati Jayapura Serahkan DPA 2023 ke Masing-Masing OPD

 

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, telah menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun Anggaran 2023 kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin.

DPA yang diterima masing-masing OPD nantinya akan menjadi pegangan untuk pelaksanaan anggaran, baik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD).

Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo mengatakan, DPA yang sudah diterima oleh setiap OPD merupakan dokumen yang memuat Anggaran Pendapatan Belanja dan Pembiayaan Daerah (APBD) yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan anggaran oleh pengguna anggaran.

Dikatakan, APBD kita tidak hanya sebatas dokumen di atas kertas, tetapi memiliki beberapa fungsi yang patut diperhatikan dengan serius oleh setiap pengguna, fungsi otorisasi, fungsi perencanaan, fungsi pengawasan, fungsi alokasi, fungsi distribusi dan fungsi stabilisasi. Oleh sebab itu di awal tahun ini setiap OPD harus gerak cepat melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.

“Dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, juga disiplin dan apa yang kita rencanakan dengan baik dikerjakan juga dengan baik,” jelas Triwarno.

Menurutnya, APBD ini merupakan instrumen dalam setiap kerja dan pelayanan bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Sehingga dalam setiap pelaksanaannya, perangkat daerah tidak main-main dalam penyerapan serta penjabarannya.

“Melihat fungsinya,tetap berpedoman pada aturan dan laksanakan ini dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut, Purnomo mengharapkan, penyerahan DPA ini jangan dimaknai sebagai penyerahan simbolis dan seremonial semata. Namun (DPA) ini adalah langkah awal pelaksanaan dan pedoman bagi masing-masing OPD untuk melaksanakan kegiatan di Tahun Anggaran 2023.

“Semoga Tuhan memberikan kekuatan dan kebijaksanaan bagi kita semua untuk melaksanakan seluruh pelayanan terbaik bagi masyarakat kita di Bumi Khena Mbai Umbai tercinta,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar