Kamis, 02 Februari 2023

Uskup Jayapura, Maatopai: Hiduplah dari Hasil Olahan Tanah

 

Uskup Keuskupan Jayapura, Mgr. Yanuarius Theofilus Maatopai You meminta kepada seluruh umat Katolik di wilayahnya agar jangan sekali-kali menjual tanah kepada siapapun demi kepentingan apapun.

“Pada hari pertama saya ditahbiskan menjadi Uskup Jayapura, saya meminta kepada seluruh umat Katolik maupun siapapun agar jangan pernah mau jual tanah. Tapi hiduplah dari hasil olahan tanah,” ujar Uskup Yan You dalam sambutannya pada acara resepsi di stadion Mandala Jayapura, Papua.

Pelarangan itu, lanjut Maatopai guna melindungi generasi penerus di masa depan. Maatopai juga bakal mengecek di masing-masing Paroki di empat Dekenat yakni Jayapura, Keerom, Wamena dan Pegunungan Bintang.

“Saya bukan hanya bicara saja, tapi saya akan datang cek di setiap Paroki dan setiap komunitas basis. Kalau ada yang jual, saya akan bertanya apa alasan. Jadi kalau saya melakukan kunjungan ke Dekenat atau paroki, pasti saya cek tanah milik pribadi, milik keluarga dan marga. Untuk itu, jangan jual tanah. Kamu harus sayang generasi yang akan datang masa depan,” tegasnya.

Sebab bagi dia, Tuhan Allah menciptakan tanah agar manusia hidup dari hasil kelola tanah.

“Maka mari kita bertanggung jawab kepada Tuhan Allah,” ucapnya.

Selain itu, ia meminta kepada umatnya agar mulai melakukan doa Kerahiman Ilahi tepat pukul 15.00 WP.

“Nanti akan dikoordinir oleh Pastor John Bunay. Saya juga meminta kepada semua orang tua agar membina anak-anak dari usia dini dengan baik. Seperti tadi jumpai saya punya keponakan dia bawa tulisan Uskup. Cita-cita dari anak-anak harus orang tua mendukung,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar