Rabu, 08 Februari 2023

Pangdam Cenderawasih Sebut Posisi Pilot Pesawat Susi Air Masih di Paro

Panglima Kodam – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa mengatakan pilot pesawat Susi Air, Philips Marthin yang disandera kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) pimpinan Egianus Kogeya masih berada di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

“Menurut kami pilot masih berada di wilayah Paro, untuk tembus sampai ke Distrik Mapenduman, kemungkinan tidak,” kata Saleh melalui sambungan telepon seluler di Jayapura.

Menurut Saleh, saat ini aparat gabungan TNI/Polri sedang berupaya melakukan proses evakuasi 15 pekerja pembangunan Puskemas dari Distrik Paro ke Kenyam Ibu Kota Kabupaten Nduga.

“Proses evakuasi 15 pekerja sementara berjalan. Nanti setelah di Kenyam baru akan di evakuasi ke Timika. Sementara pilot masih dalam pencarian,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philips Marthin disandera setelah pesawat yang ia terbangkan dibakar kelompok pimpinan Egianus Kogeya setelah mendarat di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga.

Pilot Philips menerbangkan pesawat dari Bandara Mozes Kilangin Mimika pukul 05.33 WIT dan mendarat di lapangan terbang Paro pukul 06.17 WIT dengan membawa lima orang penumpang, masing Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W.

“Di Paro belum ada pertugas keamanan baik TNI maupun Polri, dan di distrik itu merupakan markas kelompok Egianus Kogeya,” kata Direktur Reskrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani di Jayapura, Selasa (7/2/2023).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar