Minggu, 26 Februari 2023

Ketua Asosiasi Futsal Meminta Klub-Klub Futsal Agar Membuat Akademi

 

Ketua Asosiasi Futsal atau AF Kota Jayapura, Matias Benoni Mano, meminta klub-klub futsal agar membuat akademi atau sekolah untuk pembinaan.

“Hampir 30 klub futsal di Kota Jayapura tapi hanya melakukan turnamen tidak melakukan pembinaan,” ujar Matias Mano dalam acara kick off Liga AAFI di Lapangan Futsal SMA YPPK Taruna Darma Jayapura.

Pembinaan olahraga futsal usia dini bukan hanya saat ada kompetisi atau turnamen, namun terus berkesinambungan agar menghasilkan atlit profesional.

“Melalui akademi futsal agar menertibkan kembali klub sebagai wadah pembinaan untuk mencetak atlet usia dini untuk ajang olahraga lokal dan nasional,” ujarnya.

Terkait dengan liga AAFI tahun 2023 U-13 dan U-16, Matias Mano menjelaskan sebagai program kerja Asosiasi Futsal Kota Jayapura periode 2022-2024.

“Ada juga tim dari kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura. Sudah akta klub, pengurus yang baik, pelatih, tempat, dan waktu latihan yang jelas,” ujarnya.

Jumlah peserta U-13 ada 7 klub dan U-16 ada 9 klub, dengan sistem kompetisi full kompetisi hingga 26 Agustus 2023 atau empat bulan kompetisi.

“Kami kerja sama dengan fakultas ilmu olahraga Uncen Jayapura (wasit). Satu tim yang pendaftaran Rp 500 untuk biaya operasional dan perangkat pertandingan,” ujarnya.

Pembinaan futsal ke depan, Asosiasi Futsal Kota Jayapura mengharapkan dukungan dari Pemkot Jayapura dan Asprov Papua untuk mengembangkan Liga AAFI.

“Kami punya komitmen tetap maju untuk membina agar tidak terlibat ke dalam aktivitas negatif. Kalau kita tidak mulai saat ini tidak tidak ada tahu untuk pembinaan futsal ke depan,” jelasnya.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Robby Kepas Awi mengatakan, prestasi di olahraga futsal harus terus maju terutama menjaring atlet futsal profesional.

“Harus kerja sama tim. Bukan soal menang atau kalah, tapi permainan dengan menjunjung tinggi sportivitas sangat penting, sehingga menjadi pemain terbaik. Tanamkan disiplin tinggi, taat aturan, dan menjaga sportivitas dalam pertandingan,” jelasnya.

Kick off Liga AAFI Kota Jayapura tahun 2023 dihadiri Kadispora Kota Jayapura, Rocky Bebena, Ketua Asprov Papua, Benhur Tomi Mano. Hadir juga, Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar