Minggu, 26 Februari 2023

Piala Pertiwi Zona Papua Bakal Hadir Kembali

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua dalam waktu dekat akan kembali menggelar kejuaraan sepak bola wanita bertajuk Piala Pertiwi Zona Papua, yang diinisiasi oleh Asosiasi Sepak bola Wanita Indonesia (ASBWI).

Untuk mematangkan persiapan menuju kejuaraan bergengsi sepak bola wanita itu, Asprov PSSI Papua bersama ASBWI Papua dan panitia pelaksana akan menggelar pertemuan teknis pada Senin (27/2/2023) besok.

“Kita sudah melakukan rapat komite eksekutif (Exco) untuk persiapan Piala Pertiwi Zona Papua yang akan diputar di Stadion Mandala. Meeting akan dilaksanakan hari Senin besok,” ujar Ketua Asprov PSSI Papua, Benhur Tomi Mano kepada wartawan olahraga, Sabtu (25/2/2023) kemarin.

Ia menyebut, kejuaraan Piala Pertiwi Zona Papua rencananya akan digelar dengan format kompetisi penuh.

“Rencananya akan digelar dengan sistem pertandingan penuh dan Ketua Panitia Usman Wanimbo sekaligus Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia Papua dan sudah disiapkan semua terkait pertandingannya nanti. Dan untuk keamanan sudah siap, wasit dan pengawas pertandingan, kesehatan juga sudah siap,” jelasnya.

Selain itu, Tomi Mano juga mengatakan pihaknya sudah menyiapkan perwakilan klub untuk mengikuti kompetisi kelompok U-17 dan U-13. Sedangkan untuk Liga 3 Nasional akan diwakilkan oleh Persipa Paniai yang berhasil menjadi juara Liga 3 Zona Papua tahun ini.

“Untuk kejuaraan U-17 kita ikutkan secara nasional oleh Mimika, dan usia 13 tahun juga dari Mimika. Sementara Liga 3 yang sudah juara dari Persipa Paniai kami meminta mempersiapkan diri lagi dengan baik untuk Liga 3 zona nasional,” ujarnya.

Sebelumnya, ajang Piala Pertiwi Zona Papua sukses digelar pada tahun 2022 lalu yang hanya melibatkan dua klub, yakni Toli FC dan Galanita Mimika. Ketika itu, Toli FC yang dilatih sukses menjadi juara Zona Papua dan mewakili Papua di zona nasional.

Tim yang dilatih oleh Thomas Madjar itu akhirnya membuktikan kedigdayaan sepak bola Papua dengan membawa pulang Piala Pertiwi 2022.

Pada kejuaraan nasional yang digelar di Jawa Barat itu, tim berjulukan Srikandi Nawi Arigi Waleman the Blues tampil meyakinkan sejak awal turnamen di Grup A. Mereka tak terkalahkan hingga partai puncak.
Di fase grup, Persitoli menggilas tuan rumah Jawa Barat dengan skor 7-0, mengalahkan Jawa Tengah 3-0, imbang 3-3 dengan Babel dan menang 2-0 atas Kalimantan Tengah.

Di babak perempat final, Nawi Arigi kembali pesta gol dan membuat rekor di Piala Pertiwi dengan kemenangan 13-0 atas Lampung. Lalu di semi final, mereka juga berhasil menghempaskan favorit juara, Jawa Timur dengan skor 1-0. Toli FC memastikan gelar juara Piala Pertiwi dengan mengalahkan Bangka Belitung di laga final dengan skor 2-1.
Keberhasilan Toli FC itu kian mengukuhkan dominasi Papua di ajang Piala Pertiwi dengan total mengoleksi empat gelar juara, setelah sebelumnya wakil Papua juga sukses menjuarai turnamen tersebut pada 2010, 2014, dan 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar