Minggu, 27 September 2020

BLT Tahap 4 Belum Cair ke Rekening BNI, Mandiri, BCA? Kenapa?

 

Google.com

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut, pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) Rp1,2 juta bagi pekerja dengan penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan masih terus berjalan. Saat ini, BLT masuk dalam penyaluran tahap 4.

Saat ini, data pencairan BLT atau BSU tahap 4 tengah dalam proses penyaluran di Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Bagi kalian yang menunggu kepastian dana BLT ini kapan cair, harap bersabar.

Menaker Ida dalam beberapa waktu lalu, menyebut jika dana BLT yang besarannya ditransfer per dua bulan sebesar Rp1,2 juta ini masih dalam proses penyaluran. Pasalnya, jumlah rekening yang diterima cukup banyak, yakni 2,8 juta orang untuk tahap 4 ini.

“Dari 2,8 juta data penerima tahap 4, sebanyak 2,65 juta orang yang sudah lengkap datanya telah diproses pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN),” ujar Ida dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/9/2020).

Kendati demikian, kata Ida, masih ada ribuan data rekening pekerja di penyaluran tahap 4 yang dipastikan belum bisa menerima transferan dana BLT Rp1,2 juta, lantaran datanya harus dikembalikan untuk diverifikasi ulang.

“Sisanya, sekitar 150 ribu kami kembalikan ke BPJamsostek untuk dilengkapi datanya,” kata Ida.

Lalu, bagaimana nasib pemilik rekening bank swasta seperti BCA? Kapan transferan dana BLT Rp1,2 juta tahap 4 sampai ke rekening? Tenang, bagi kalian pemilik rekening bank swasta selain BCA, yakni CIMB Niaga, Danamon, harus menunggu proses kliring antarbank yang membutuhkan waktu tambahan.

Menurut penelusuran, SKNBI adalah Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Sementara itu, kliring adalah pertukaran warkat atau data keuangan elektronik antar peserta kliring, baik atas nama peserta maupun atas nama nasabah peserta yang perhitungannya diselesaikan dalam waktu tertentu.

Sementara itu, LLG adalah Lalu Lintas Giro yang menggunakan fasilitas kliring untuk transfer antara satu bank dengan lainnya.

Di beberapa kesempatan, akun Twitter @HaloBCA menjawab pertanyaan netizen yang mempertanyakan tak kunjung cairnya uang BSU atau BLT ke rekening mereka. Salah satunya;

“Kami informasikan kpd Bapak/Ibu Pelanggan pengkreditan BLT ke rekening BCA dilakukan oleh pihak Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara) bukan Bank BCA, BCA hanya sebagai penerima dana yang pasif. Untuk rekening-rekening BCA yang digunakan nasabah (1/3) ^Dyan,”

“dan terverifikasi oleh BPJS dan Kementerian Tenaga Kerja, melalui Himbara akan mengkreditkan dana BLT tersebut menggunakan jalur SKNBI/LLG Incoming dalam beberapa kali upload data, sehingga pengkreditan ke rekening BCA tidak terjadi secara bersamaan. (2/3) ^Dyan,”

“Jika Bapak/Ibu terverifikasi sebagai penerima dana BLTdisarankan menunggu dan cek mutasi rekening secara berkala, atau silakan konfirmasi kepada pihak BPJS atau perusahaan. Tks (3/3) ^Dyan,” Demikian penjelasan dari @HaloBCA, pada Kamis 24 September 2020.

 

Sumber: ayobandung.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar