Selasa, 04 Februari 2020

Virus Corona, WHO: Masih ada Harapan Berhentikan Penyebaran


Untuk bisa menghentikan penyebaran Virus Corona semakin luas, dikatakan oleh Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus masih ada kesempatan. Selain mengatakan masih adanya kesempatan untuk menghentikan semakin luasnya virus ini, Tedro juag mengatakan bahwa langkah yang dilakukan China saat ini sudah tepat.

"Ada jendela peluang karena langkah-langkah tinggi, langkah-langkah kuat yang diambil China di pusat wabah, di sumbernya. Jadi mari kita gunakan kesempatan ini untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan mengendalikannya," kata Tedros, dilansir dari laman BBC, Rabu (5/2).


Pernyataan Tedros disampaikan usai pemerintah China mengakui kelemahan dan kekurangan mereka dalam penanganan Virus Corona saat ini. Pemerintah China dituding meremehkan wabah Virus Corona sejak awal, bahkan berusaha menutupinya.

Seorang dokter di Wuhan yang berusaha mengingatkan rekan sejawatnya akhir tahun lalu akan adanya Virus Corona dibungkam dengan tuduhan membuat kabar bohong dan melakukan kegiatan ilegal.

Tedros juga menegaskan kembali seruannya kepada negara-negara untuk tidak memberlakukan pembatasan perjalanan dan perdagangan. Ia menyeru agar pembatasan perjalanan dan perdagangan yang telah diberlakukan negara-negara agar berlaku dalam jangka pendek, proporsional, dan ditinjau secara berkala.

Saat ini di China tercatat ada 24.300 kasus dikonfirmasi dengan jumlah kematian mencapai 490. Sementara itu kasus kematian di luar China terjadi 2 kali, masing-masing di Hong Kong dan Filipina.


Komisi Kesehatan Nasional China mengatkaan 80 persen orang yang meninggal akibat virus berusia di atas 60 tahun dan 75 persen di antaranya memiliki penyakit bawaan. 


Sumber: Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar